Beberapa manfaat dari Keistimewaan Orang Yang Melawan Amarah

Kali ini kita akan membahas tentang Keistimewaan Orang Yang Melawan Amarah. Sering kali kita menemukan orang yang sedang dilanda amarah, bukan hanya orang lain, kitapun pernah marah, bahkan dengan hal yang sepele.
Jika orang yang sedang dilanda amarah, sering kali tidak dapat mengontrol dirinya, seperti melempar benda, mukulin tangan ke meja, ngacak-ngacakin barang, dan seterusnya. Nah padahal Allah SWT telah melarang kita untuk marah, dan justru harus melawannya. berikut ini Keistimewaan Orang Yang Melawan Amarah:
  • Dipuji Oleh Allah Ta’ala
ya, ini sangat betul sekali, orang yang dapat melawan emosi akan dipuji oleh Allah SWT. Seperti dalam surah Asy-Syura ayat 37:
وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ
“Dan bagi orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf”
selain surah Asy-Syura, Rosulullah juga bersabda:
“Barangsiapa yang menahan amarahnya sedangkan ia mampu untuk mewujudkannya, Allah akan menyebut dan memujinya pada hari kiamat kelak di hadapan seluruh makhluk, hingga dia diberi pilihan untuk mengambil bidadari mana saja yang ia kehendaki.” (HR. Tirmidzi 2021, Abu Dawud 4777, Ibnu Majah 4186, Ahmad 3/440).
  • Dicintai Allah Ta’ala
Ini adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap insan, Orang yang bisa menahan amarahnya pasti dicintai Allah, seperti dalam surah Ali Imrah ayat 134:
الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
“Yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan,”
dan hadist Rosulullah:
“Tidaklah shadaqah itu mengurangi harta, dan tidaklah Allah menambahkan sifat pemaaf kepada seorang hamba kecuali akan menjadikannya mulia, dan tidaklah seorang hamba rendah hati karena Allah melainkan Allah akan tinggikan derajatnya,” (HR. Muslim 2588, Tirmidzi 2029, Ahmad 2/235, Malik 2/1000, Darimi 1683).
  • Dijauhkan Dari Murka Allah
Orang yang mampu menahan amarahnya, akan dijauhkan dari murkanya allah. seperti dalam hadist berikut:
“Dari Abdullah bin Amr RA. bahwasanya dia bertanya Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, amalan apa yang dapat menjauhkan aku dari murka Allah?” Beliau menjawab: “Jangan marah!” (HR. Ahmad 2/175).
  • Masuk Surga
Salah satu amalan yang mampu memasukan kita kedalam surganya Allah adalah melawan amarah, seperti dalam hadist beliau:
Abu Darda’ RA berkata: Ada seseorang yang datang menemui Rasulullah SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, tunjukilah aku sebuah amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga!” Rasulullah SAW menjawab: “Jangan marah, dan bagimu surga,” (HR. Thabrani, lihat Shahih Targhib 3/46).
Itulah Keistimewaan Orang Yang Melawan Amarah, banyak sekali keistimewaannya, lalu kenapa kita tidak bisa melawan amarah yang sudah jelas datangnya dari bisikan syaitan? semoga kita bisa mengambil pelajaran dari semua ini, amin.

Subscribe to receive free email updates: