Memiliki anak yang soleh membuat orang tua akan masuk syurganya ALLAH SWT, Subhanallah

Hanya sehelai kain putih yang dibawa kita menuju alam barzakh, dan itulah harta yang kita bawa walaupun dalam keadaan kaya se kayanya di dunia,sedang kekayaan yang di upayakan akan di bagikan ke ahli warisnya,seseorang lahir dalam keadaan telanjang dan kita kenbali dalam keadaan telanjang pula.
Sungguhpun begitu,menurut hadist selain kafan yang di bawa yang akan menolong kita meringankan seksa kubur adalah Sedekah Jariah, Ilmu yang manfaat dan Doa anak yang sholeh.
Dari abu Hurairah ra. mengatakan bersabda Rosululloh Shollallohu Alaihi wa-sallam : Apabila marti anak adam(seseorang), maka putus hubungannya dengan dunia kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariah, ilmu yang manfaat dan doa anak yang sholeh(Riwayat:Muslim)
-Sedekah jariah adalah segala yang di sedekahkan kerna Alloh.pahala amal jariah inilah yang ikuty meringankan penderitaan di akherat. semakin banyak sedekahnya semakin banyak hartanya di akherat.
-Ilmu yang manfaat ialah pahala mengajarkan Al-Quramn. mengajarkan dan mempelajari keduanya sama-sama berpahala. pahala inilah nanti di bangkitkan sebagai harta benda yang melimpah.
-Doa anak yang sholeh,adalah beruntung mereka yang mati meninggalkan anaknya dengan ilmu agama dan menjadi anak yang sholeh yang akan selalu mendoakan bapak ibunya dengan ikhlas mengharap ampunan akan kedua orangtuanya yang sudah meninggal dunia.Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam selalu menziarahi makam ibunya. dibersihkan kuburnya di cabuti rumput-rumputnya sesudah itu Nabi berdoa dan menangis,begitu juga makam bapaknya.
Dari Umar bin Khattab ra. menagtakan: kami pernah bersama Rosululloh pergi ke suatu pekuburan. Maka Nabi duduk pada sebuah kuburan dan dekatnya para sahabat lainnya. lalu Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam menangis dan akupun ikut pula menangis para sahabat lainnya menangis pula.
Lalu Nabi bertanya:Apa sebabnya kamu menangis? Kami menangis kerna Engkau menangis.
Sabda Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam: Ini adalah kubur ibuku, Aminah binti Wahab, aku minta izin kepada Tuhan-ku untuk menziarahi kubur ini,lantas di izinkan. Lalu aku minta supaya ibiku ini di ampuni. Dalamhal ini Alloh merasa enggan. Maka bagaimana cinta kasih seorang anak kepada ibunya.(Riwayat: Ibnu Majah)
Adapun orang-orang yang berdosa setelah berada di kubur itu,mereka adalah orang yang malang. sebab di waktu itu taubat sudah tidak diterima lagi. Di barzakh mereka berkeliaran antara langit dan bumi,kadang mereka datang ke anaknya dan keluarganya,juga saudara-saudaranya,kawan-kawannya dulu semasa hidup di dunia hanya sekedar ingin di doakan.juga menunggu setiap orang yang lewat disana berharap mahu mendoakan.
Itulah sebabnya Nabi menganjurkan kita setiap lewat di tanah pekuburan hendaklah berdoa.tolonglah dia dengan doa kerna dia sedang mengharapkan pertolongan. Nanti Alloh akan membalasnya . Sesampainya di kuburan , maka duduklah sebentar melepas kepenatan dan lihatlah sekeliling merenung kemudian berdoa.
arwah yang duduk di kubur itu mengenal setiap orang yang lalu lalang dan mendengar pembicaraan mereka. Dia mengenal saudara-saudara yang sama bergaul dan bermain dengannya di masa hidup dahulu. sekarang lewat di hadapannya lalu di tegurnya, tapi suaranya tidak terdengar dan tubuhnya tidak kelihatan,karena roh terdiri atas tubuh halus.arwah itu mendengar perkataan orang hidup.
Dari Umar bin Khattab ra. mengatakan : ketika terbunuhnya pemimpin-pemimpin quraish di waktu perang Badar Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam memanggil mereka,katanya:
Hai fulan, hai fulan, hai fulan. Engkau telah mendapatkan apa yang telah dijanjikan Tuhan-ku kepadaku sebenarnya adalah benar. Dan adakah kamu dapatkan pula kebenaran yang telah di janjikan Tuhan-mu terhadap kamu itu?
Ditanya: Ya Rosululloh,Engkau panggil mereka,padahal mereka itu telah meninggal. jawab Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam:
Demi Alloh Subhanahu Wata'ala yang diriku di dalam tangan-Nya, dia mendengar perkataanku ini, hanya saja tidak sanggup menjawabnya.(Riwayat:Muslim)
Di anjurkan Ziarah pada hari jum'aat.
Dari Ja'far bin Muhammad ra. mengatakan: bahwasannya Fatimah binti Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam berziarah ke kuburan bapak saudaranya, Hamzah, beberapa hari lamanya. maka dia bersholawat dan menangis di kuburan itu. Kata Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam:

Barangsiapa berziarah ke kuburan orangtuanya atau salah seorang dari keduanya itu,hendaklah pada tiap-tiap hari jum'aat. Lalu di ampuninya dan di catat hal yang demikian ini sebagai berbuat baik kepada ibu bapaknya itu.(Riwayat:Tabrani)
Dari Umar bin Khattab ra. mengatakan : Bersabda Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam : Mayat itu di azab di dalam kuburnya karena dia di ratapi(Riwayat:Bukhari)
Semoga menambah keimanan kita dan selalu tawakalloh dan takut melakukan maksiat kepada Alloh Azza Wajjala.Kita akan kembali kepada Alloh, kita terlahir suci maka sebisa mungkin siapkan bekal untuk kembali kepangkuaan-Nya.Ingatlah Alloh mempersiapkan dua tempat untuk semua hamba-hamba-Nya iaitu Syurga dan Neraka.Tergantung jalan dan tempat mana yang kita tuju n jadikan tujuan dalam hidup ini...semuga gambaran sedikit tentang perjalanan alam barzakh ini menambah keimanan kita dan mempersiapkan bekal sebaik-baiknya.
Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu Ilaik.

Subscribe to receive free email updates: