INI caranya Hal yang Harus Dilakukan Setelah Berbuat Maksiat


Media Informasi Islam - Manusia sering kali lupa akan dirinya sampai pada akhirnya terjerumus dari lubang kemaksiatan, bahkan setelah taubat pun kita sering melakukannya, "TOBAT SAMBEL" setelah tobat tapi maksiatnya masih berjalan, bagaimana sih cra nya agar kita bisa istiqomah dijalannya ALLAH SWT, Sebagai manusia yang bersifat sosial, pastinya kita seringkali ataupun pernah melakukan hal-hal yang yang berbau maksiat atau hal-hal yang merupakan sumber dosa kita. Memang jarang manusia yang bisa menghindari perilaku maksiat tersebut. Hal itu karena memang setan telah menggiring diri kita untuk melakukan perilaku dosa tersebut dan iman kita pun tidak kuat untuk melawan setan tersebut. Maka dari itu memang sangat jarang manusia yang bisa menghindari perilaku maksiat tersebut.  Namun jika anda sudah melakukan hal-hal yang berbau maksiat atau yang merupakan dosa besar bagi anda, ternyata dosa anda tersebut bisa anda hapus dengan berbagai cara yang akan kita bagikan pada postingan kali ini. Pastinya cara-cara tersebut haruslah dijalani dengan niat kita dan tidak boleh ada rasa keterpaksaan untuk menghapus dosa kita tersebut. Untuk mengetahui apa saja hal yang harus dilakukan setelah berbuat maksiat, langsung saja bisa anda lihat dalam informasi di bawah ini.

Taubatan Nasuha

Cara inilah merupakan hal yang harus dilakukan setelah berbuat maksiat atau dalam arti wajib dan sangat penting dilakukan oleh orang-orang tersebut. Taubatan nasuha atau jenis taubat paling tinggi yang dianjurkan oleh al-qur’an dan memang digunakan sebagai taubat penghapus dosa besar yang telah dilakukan oleh seseorang tersebut. Cara untuk menjalani taubatan nasuha juga tidak berat, melainkan harus dilakukan dengan setulus hati dan juga harus dilakukan ikhlas karena allah, dan pastinya tidak ada paksaan dari manapun dan siapapun. Namun setelah berhasil melakukan taubatan nasuha, anda juga masih harus melakukan hal-hal yang akan kita sebutkan pada hal yang harus dilakukan setelah berbuat maksiat selanjutnya di bawah ini.

Memperdalam Ilmu Agama

Dengan memperdalam ilmu agama, maka anda bisa dipastikan akan dituntun ke jalan allah dan tidak lagi melakukan hal-hal yang merupakan sumber dosa besar tersebut termasuk berbuat maksiat. Hal itu dikarenakan memang allah sangat menyukai makhluk yang berusaha menyerahkan diri kepadanya dan juga sangat menyenangi makhluk yang berusaha untuk menuruti apa perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Dengan melakukan hal ini, insyaallah dosa besar yang anda lakukan sebelumnya akan segera diampuni oleh yang maha pengampun kita yaitu Allah SWT.

Menjauhi Pengaruh Buruk Lingkungan

Pengaruh-pengaruh di sekitar tempat anda mungkin menjadi salah satu penyebab yang menggiring anda untuk melakukan perbuatan maksiat yang telah anda lakukan sebelumnya. Untuk itu, agar anda tidak kembali terjebak dengan perbuatan-perbuatan tersebut, sebaiknya anda berlahan-lahan menjauhi pengaruh-pengaruh yang terdapat pada lingkungan anda.

Berteman dengan orang-orang yang sholeh

Dengan berteman dengan orang-orang yang “mengerti agama” ataupun dalam artian orang-orang yang sholeh dan sholehah insyaallah bisa menuntun anda ke jalannya allah yaitu ke jalan yang benar dan tidak akan kembali jatuh ke hal-hal yang berbau maksiat. Dengan berteman dengan orang-orang yang beriman, maka insyaallah anda juga bisa jadi orang-orang yang taat dengan utusan allah ataupun dalam artian menjadi orang yang beriman.

Menjalankan seluruh perintah allah dan menjauhi larangannya

Hal yang harus dilakukan setelah berbuat maksiat yang terakhir inilah yang mungkin mampu menghapus dosa-dosa yang telah anda perbuat sebelumnya. Selain taubatan nasuha yang telah kami jelaskan di atas, beriman kepada allah juga merupakan hal yang bisa menghapus dosa besar anda.  Selain itu dengan terbiasa menjalankan seluruh perintah dan menjauhi larangannya juga bisa mencerminkan bahwa anda merupakan makhluk allah yang taat dan hal yang anda lakukan sebelumnya berarti khilaf.


Semoga ulasan kami dan artikel ini mampu bermanfaat bagi semuanya Semoga bisa  menjadi insan yang baik di mata ALLAH SWT, bila artikel ini bagus yuk bagikan.

Subscribe to receive free email updates: