Taukah Anda bahwa hanya 3 hari dalam hidup ini

Media Informasi Islam - Kehidupan memiliki hari dan setiap hari memiliki perannya masing masing, banyak yang kita tidak sadari bahwa kehidupan memiliki 3 hal dalam waktunya, Hal ini diibaratkan karena hidup di dunia sangatlah singkat sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kehidupan yang hakiki adalah kehidupan akhirat. Sedangkan, dunia adalah alam menuju akhirat yang membuat kita harus mengumpulkan bekal untuk di akhirat. Lalu apa yang perlu kita renungkan dalam hidup hanya ada 3 hari:


1. Hari Kemarin
Hari kemarin adalah masa lampau yang telah kita lalui. Satu hal yang tidak dapat kita lakukan adalah kembali pada masa lalu yang telah terjadi. Kita tidak dapat mengubah apa pun yang sudah terjadi. Kita tidak dapat menarik perkataan yang pernah diucapkan. Bahkan kita tidak dapat menghapus masalah ataupun mengulangi kegembiraan yang pernah kita rasakan. Lalu apa yang bisa kita lakukan? yang berlalu biarlah berlalu. Karena kita sudah tidak bisa memutar waktu dan kembali ke masa lalu.

2. Hari Besok
Allah telah mengatur dunia ini dengan penuh rahasia. Tidak ada satu orang pun yang mengetahui nasibnya satu hari kemudian, bahkan tidak untuk satu detik kemudian. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi hingga matahari terbit di esok hari. Kita pun tidak dapat melakukan apapun di esok hari. Tak ada yang menjamin bahwa kita besok dapat merasakan senang dan sedih. Bahkan belum tentu kita bertahan hingga esok hari. Inilah salah satu hari dalam kehidupan hanya ada 3 hari.

3. Hari Ini
Pintu masa lalu sudah tertutup dan pintu masa depan juga belum tiba. Satu hal yang pasti adalah hari ini. Kita dapat mengerjakan banyak hal hari ini. Namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memaafkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan di hari esok. Hiduplah untuk hari ini karena masa depan dan masa lalu hanyalah permainan pikiran yang sangat rumit. Hidup dengan apa adanya akan membuat kita lebih bahagia dalam menjalani hidup. Hari ini adalah hal yang abadi sehingga manfaatkan sebaik mungkin.

Berdasarkan anugerah hidup pada 3 hari, kita dapat menyadari bahwa hanya Allah yang berhak menentukan hidup kita. Oleh karena itu, selagi Dia memberikan kita waktu untuk hidup maka gunakanlah waktu itu sebaik mungkin. Perlakukan setiap orang dengan rasa hormat dan kebaikan hati. Meskipun mereka berlaku jahat kepada kita, janganlah membalasnya dengan kejahatan pula karena akan membuat kita sama saja dengannya. Cintailah seseorang hari ini dengan sepenuh hati karena belum tentu besok cinta ini akan sama. Ingat bahwa saat kita memberi penghargaan untuk orang lain itu bukan karena kedudukan atau tentang siapakah mereka, tapi karena hal itulah yang menunjukkan siapa kita. Inilah tiga hari kita untuk hidup.

Sebagai seorang muslim, jangan sampai kita terkekang oleh masa lalu dan kebingungan karena masa depan. Satu hal yang pasti adalah hari ini, maka lakukan segalanya dengan terbaik pada hari ini karena belum tentu kita dapat melakukannya besok hari sehingga segala yang kita lakukan merupakan perbuatan yang terbaik dan berpahala.

Subscribe to receive free email updates: