Wajib Baca Sungguh Besar dan maha agung Inilah Kehebatan Indonesia Diluar Angkasa

Keindahan rangkaian pulau-pulau di Indonesia berhasil diabadikan oleh astronot dari luar angkasa. Dalam foto itu terlihat barisan pulau dari Jawa hingga Lombok.

Dikutip Dream dari laman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), biasanya wilayah Indonesia yang berada di ekuator diselubungi awan. Tapi saat pemotretan itu, hanya sedikit awan yang menutup.

Biasanya, asap yang menutup wilayah Indonesia berasal dari api akibat petir dan juga akibat pembakaran hutan di wilayah Indonesia dan Australia bagian utara. Dan saat pemotretan ini, asap yang biasa bergumpal itu hanya terlihat tipis. Cuaca pun cerah. Sehingga deretan pulau itu terlihat dengan jelas, seperti dalam gambar berikut ini:

Keajaiban Indonesia Terlihat dari Luar Angkasa

Dengan menggunakan lensa pendek, astronot menangkap wilayah Indonesia dari bagian barat hingga timur. Jawa menjadi latar terdepan dalam foto itu. Diikuti Pulau Bali dan Lombok pada bagian tengah, dan pulau-pulau kecil berada pada bagian ujung.

Pulau-pulau semacam Sumba dan Timor hampir tak terlihat, karena memang jarak saat pemotretan itu lumayan jauh, sekitar 1.600 kilometer dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Wilayah yang paling terang memantulkan sinar matahari adalah Surabaya, wilayah yang dihuni sekitar 2,8 juta jiwa. Kota terbesar di Indonesia, setelah Ibukota Jakarta.

Rangkaian pegunungan berapi juga terlihat dari foto itu. Asap-asap terlihat jelas meruap dari pucuk-pucuknya. Semua tergambar dengan jelas. Keajaiban alam ini mengundang decak kagum.

Kepulan asap putih menunjukkan setidaknya ada enam gunung berapi yang terlihat dari ISS. Terkadang, dari asap-asap itu juga menyembul api.
Deretan gunung seolah menjadi tulang utama rangkaian pulau ini, terbentuk oleh tabrakan lempeng tektonik Australia dengan lempeng Asia.
Kabar menggembirakan datang dari langit. Lebih tepatnya, datang dari satelit luar angkasa ISS.

Seorang astronot asal Jepang, Kimiya Yui tengah menjalankan misi Expedition 44 di satelit ISS sejak Juli lalu. Di tengah kesibukannya, dia memotret Indonesia dari langit.

Dia lalu memajang foto tersebut di akun twitter miliknya, @Astro_Kimiya pada 23 Agustus lalu. Tidak lupa, dia membubuhkan kalimat berisi pujian.
"Photos of Indonesia. Very big and beautiful country with many islands! I want to visit this beautiful country! (Foto-foto Indonesia. Negara sangat besar dan sangat cantik dengan banyak pulau! Saya ingin pergi ke negara cantik ini!" tulis Kimiya.

Hingga saat ini, foto itu telah di-retweet sebanyak 2.119 kali. Selain itu, sebanyak 2.071 pengguna twitter menjadikan foto tersebut sebagai foto terfavorit.

Sejumlah pengguna twitter memuji foto tersebut. Sementara pengguna Indonesia banyak mengucapkan terima kasih atas foto tersebut.

"@Astro_Kimiya thank you so much for beautiful photos of Indonesia,,,, we proud of you (Terima kasih banyak untuk foto-foto cantik Indonesia,,,, kami bangga padamu)," tulis pemilik akun @faridaimigrasi2.

Subscribe to receive free email updates: