Wanita Wajib BACA !!! Tips Cara Mengenali Ciri Produk Krim Kecantikan Berbahaya

Walaupun sudah mengecek nama dokter peracik krim melalui www.kki.go.id/cekdokter/form dan juga mengecek izin BPOM suatu produk krim perawatan kecantikan di www.cekbpom.pom.go.id, tetapi langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah mengenali langsung krim kecantikan berbahaya.

Krim perawatan kecantikan yang mengandung bahan-bahan berbahaya dapat terlihat jelas perbedaannya dengan krim lain yang aman. Berikut ini adalah ciri-cirinya:


1. Lengket


Krim yang mengandung merkuri akan terlihat kental dan terasa lengket ketika dikenakan ke permukaan kulit. Beberapa oknum pedagang akan berusaha menyamarkan dengan cara mencampurnya dengan bedak dingin agar nampak lebih encer.


2. Tidak menyatu dan nampak kasar


Krim bermerkuri jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama pada umumnya akan lumer, bagian cairan dan bagian padat dari krim tersebut akan terpisah.


3. Bau menyengat


Bau logam merkuri akan menyengat di hidung, oleh karena itu Anda patut curiga jika menemukan krim yang wanginya berlebihan karena wangi itu hasil dari upaya penjual menyamarkan bau merkuri dengan menambahkan parfum dalam jumlah banyak.


4. Warna mencolok


Krim abal-abal pada umumnya tidak menggunakan bahan pewarna khusus untuk produk kosmetik melainkan pewarna tekstil. Warna kuning pada krim berbahaya tersebut terlihat pekat mencolok dan warna putihnya nampak mengkilap.


Selain dari ciri-ciri diatas, efek pemakaian krim perawatan kecantikan bermerkuri juga berbeda dengan efek pemakaian krim yang aman. Berikut ini adalah efek samping penggunaan krim bermerkuri:


1. Terasa panas dan gatal di kulit


Berbeda dengan krim perawatan kecantikan pada umumnya yang terasa nyaman ketika digunakan, krim bermerkuri akan terasa panas dan gatal ketika diusapkan.


2. Sensitif terkena sinar matahari


Pada awal-awal pemakaian, kulit seorang pengguna krim bermerkuri akan mengalami iritasi. selain itu jika permukaan kulit terkena sinar matahari akan menjadi kemerahan.


3. Warna putih tidak normal


Krim perawatan kecantikan pada umumnya berfungsi untuk mencerahkan kulit. Tingkat kecerahan maksimal yang akan didapatkan tidak akan melebihi kecerahan bagian kulit yang paling cerah dari tubuh seseorang dalam hal ini biasanya paha atau pangkal lengan. Namun krim bermerkuri memberikan hasil di luar kewajaran, kulit wajah akan terlihat putih pucat dan tidak alami.


4. Putih instan


Krim whitening bermerkuri akan memberikan hasil yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan kurang dari 1 minggu. Semakin tinggi kadar merkuri dalam suatu krim, semakin cepat pula hasil yang peroleh.


5. Jerawat tidak muncul sama sekali


Krim bermerkuri akan merusak kulit epidermis pemakainya. Ketika sudah rusak maka kulit tidak lagi mengandung protein dan melanin yang berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari. Dalam keadaan normal, jerawat dapat menjadi indikator tingkat kandungan protein dalam kulit. Dengan pemakaian krim bermerkuri kandungan protein tersebut sudah benar-benar hilang karena kerusakan.


6. Pori-pori mengecil


Pengguna krim bermerkuri pada awalnya akan merasa puas ketika melihat permukaan kulit yang nampak halus karena pori-pori mengecil, padahal sebenarnya hal itu terjadi karena lapisan kulit terluar wajah telah menjadi tipis dan tergerus oleh logam merkuri. 


7. Muncul jerawat kecil-kecil dan terasa gatal


Pada pemakaian jangka waktu tertentu kulit wajah akan tercemar oleh merkuri dengan kadar tinggi. Pada masa ini akan muncul bintik-bintik jerawat kecil yang disertai rasa gatal.


8. Timbul bintik hitam


Ketika kulit sudah tercemar merkuri dan menjadi ketergantungan maka menghentikan pemakaian krim tersebut akan menyebabkan timbulnya bintik-bintik hitam di bawah kulit baik di sebagian wajah ataupun seluruhnya.


9. Warna kulit menjadi gelap


Warna kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu menjadi hitam, lebih hitam dibandingkan dengan sebelumnya.


10. Kanker kulit


Pemakaian krim perawatan kecantikan bermerkuri dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan efek mematikan yaitu kanker kulit. Selain itu juga akan menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. 


11. Akibat pada ibu hamil


Ibu hamil yang memakai krim perawatan bermerkuri akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan janin, cacat, hingga kematian pada janin.


Pada orang tertentu, efek memakai krim bermerkuri akan langsung terasa. Di antaranya akan muncul gejala seperti sulit tidur, depresi, sakit kepala, mual-mual, tremor, gangguan penglihatan, emosi tidak stabil, dan pikun.


Efek tersebut sangat mengerikan bukan? untuk itu sedapat mungkin hindarilah pemakaian krim yang belum jelas asal-usulnya.

Subscribe to receive free email updates: