Heboh di Sosial Media Tiongkok Jual Daging Bentuk Manusia dalam Kemasan


Baru-baru ini heboh di sosial media, di mana ada sesosok tubuh mirip manusia yang sedang dibumbui atau marinasi. Postingan yang menjadi viral di Tiongkok tersebut, membuat spekulasi di antara netizen.



Banyak netizen yang mengatakan, jika Tiongkok sedang melakukan pengawetan daging manusia dan mengemasnya ke dalam kaleng, sebelum dijual ke beberapa negara terutama di Afrika.



Terlebih bagi negara Zambia, yang mejadi importir daging kalengan asal Tiongkok terpaksa menerbitkan artikel untuk menjelaskan hal tersebut kepada warganya. Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Berikut ulasannya.

Ditambah lagi, sebuah tabloid lokal di Zambia secara terbuka menyebarkan rumor, mengklaim bahwa Cina menggunakan daging manusia untuk membuat daging kornet dan menjualnya ke Afrika.



"Ini benar-benar sebuah fitnah berbahaya dan fitnah yang benar-benar tidak dapat diterima kepada kami. Kami dengan ini mengungkapkan rasa marah maksimal dan kutukan terkuat selama tindakan seperti itu," ucap juru bicara pemerintahan Tiongkok.



Dia menduga jika rumor yang sedang beredar ini dilakukan oleh orang dengan motif tersembunyi yang sedang berusaha untuk menghancurkan kemitraan lama antara Zambia dan Tiongkok.



Padahal setelah ditelusuri, salah satu gambar dari 'sosok mayat wanita' tersebut berasal dari situs Snopes.com, yang menjadi salah satu gambar dari kampanye pemasaran pada tahun 2012 untuk video game Resident Evil 6.



Gambar yang muncul menunjukkan tubuh manusia yang mati di rumah pemotongan hewan, sebenarnya diambil selama aksi publisitas di London Smithfield Market.



Sebuah toko pembuat organ palsu, di mana mereka membuat rangka atau bentuk yang mirip potongan tubuh manusia yang dibentuk dari daging hewan, biasanya dari daging babi.



Pemerintah Zambia menyesalkan insiden tersebut, mengingat hubungan hangat yang telah terjalin antara Zambia dan Tiongkok sudah lama.



Kedua negara ini memiliki hubungan bisnis yang kuat, tetapi pengaruh pertumbuhan produk Tiongkok di Zambia telah menciptakan ketegangan dengan penduduk setempat.

Subscribe to receive free email updates: