Jokowi 'Jualan' Jakarta di Depan Petinggi Negara Islam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara World Islamic Economic Forum (WIEF) yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta. Delapan Kepala Negara beserta Menteri dari 18 Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) hadir dalam perhelatan akbar bertajuk 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) ini.

Di acara tersebut, Jokowi memperkenalkan Jakarta sebagai ibu kota negara dengan berbagai kuliner dan pariwisatanya.

"Kami sangat senang, bahwa setelah London 2013, Dubai 2014, Kuala Lumpur 2015, hari ini forum ekonomi Islam telah tiba di Jakarta. Jakarta merupakan kota metroplis yang hidup, ketika Anda di Jakarta jangan lupa menikmati, spa, shopping, kuliner, pariwisata yang ditawarkan Jakarta," ucap Jokowi saat membuka acara, di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (2//8/2016).

Jokowi juga sempat berseloroh soal posisinya terdahulu sebelum menjadi Presiden RI, yaitu Gubernur DKI Jakarta.

"Saya berharap Anda tidak keberatan saya memperkenalkan Jakarta, karena 2,5 tahun yang lalu saya adalah Gubernur Jakarta," ucap Jokowi sembari bercanda dan disambut tawa dan tepuk tangan peserta yang hadir.

Saat ini, kata Jokowi, ekonomi syariah tengah berkembang. Dalam perjalanannya, muncul berbagai selera Islam seperti dalam dunia fashion dan kuliner.

"Keuangan syariah, hingga saat ini industri yang bernilai jutaan dolar, selera Islam dalam dunia fashion dan kuliner, seni arsitektur berkembang dengan cepat dan menciptakan ekonomi yang baru," tuturnya.

Namun, lanjut Jokowi, harus diakui masyarakat Muslim saat ini menghadapi tantangan yang besar, yaitu tingkat pengangguran yang tinggi, khususnya anak muda.

"Kita didorong memutuskan berintegrasi dengan negara lain, di media sosial teknologi. Apabila tidak mendidik masyarakat dan melatih, maka dunia akan meninggalkan kita. Kita hidup di era yang penuh dengan di mana inovasi tidak bisa ditinggalkan," ungkap dia.

Jokowi berharap, generasi muda saat ini diharapkan bisa menjadi pendorong peningkatan perekonomian syariah, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

"Saya yakin di Jakarta saat ini kalian akan memberikan kontribusi yang berarti masyarakat Muslim yang adil dan sejahtera di seluruh dunia," ujar Jokowi.

Subscribe to receive free email updates: