Masya Allah!! Soal Ulangan untuk Murid SD 'Kok' Isinya Tentang Pembunuhan dan Perceraian

Soal bermateri pembunuhan dan perceraian di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Baru 02 Pagi, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur bikin heboh.

Soal-soal itu ternyata diketahui diambil dari buku cerita berjudul "Bang Maman dari Kali Pasir".

"Itu bagian dari cerita yang ada di buku Bang Maman dari Kali Pasir," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Bowo Irianto saat dihubungi, Senin (23/5/2016).

Buku cerita berjudul "Bang Maman dari Kali Pasir" adalah buku yang pada tahun 2012 sempat menimbulkan kehebohan.

Penyebabnya, karena buku itu banyak memuat konten yang dinilai tidak pantas dibaca oleh anak-anak.

Buku "Bang Maman dari Kali Pasir" sudah ditarik dari peredaran sejak 2012.

Menurut Bowo, lembar soal yang ditemukan di SDN 02 Pasar Rebo adalah lembar soal lama yang masih tersimpan di bank sekolah.

Dinas Pendidikan, kata dia, sudah menginstruksikan agar soal tersebut ditarik dari sekolah.

"Kita sudah meminta Sudin (Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur) untuk menarik seluruhnya," ujar Bowo.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Timur Ungkadi, menjelaskan, soal bermateri pembunuhan dan perceraian di SDN 02 Pasar Rebo diberikan untuk pekerjaan rumah (PR) siswa kelas II yang tengah libur karena adanya ujian sekolah atau madrasah berstandar nasional (USMBN) untuk siswa kelas 6.

"Jadi waktu itu, soal itu sekitar tahun 2010-2011 adalah soal ulangan sekolah. Kemudian selesai itu, soalnya kan enggak dibagikan (selesai ulangan), jadi disimpan di bank soal."

"Nah, anak kelas II itu kan libur, jadi buat ngisi liburnya dikasih PR pakai soal itu," kata Ungkadi, di sekolah tersebut, Senin pagi.



Setelah soal PR itu menjadi polemik, pihak sekolah berencana meminta maaf kepada orangtua murid. (kompas.com/Alsadad Rudi)

Subscribe to receive free email updates: