Inilah 5 Sifat Suami yang Bisa Bikin Pernikahan Langgeng

kebanyakan suami tidak menyadari bahwa ada beberapa sifat pria yang berbahaya jika terus dipelihara dalam sebuah pernikahan.



Contoh kecil, Misalnya sifat suami yang selalu ingin menang mungkin tampak gagah dan hebat jika di atas ring atau lapangan, tapi sifat ini menjadi kontraproduktif bila ditunjukkan dalam rumah tangga. Alih-alih membahagiakan istri, sifat ini justru bisa membuat istri ilfil dan sakit hati.

Nah,sahabat dakwah apa sajakah sifat-sifat suami yang bisa bikin pernikahan bahagia dan in syaa Allah lebih langgeng? Berikut ini ada beberapa tips. Semoga bisa menginspirasi:

1] Selalu Mengutamakan istri dan anak

Sahabat dakwah, banyak suami yang lebih mengutamakan sahabat dan kawan-kawannya, ada juga yang lebih mengutamakan ibu kandungnya, bukannya tidak baik, tapi jika ingin pernikahan langgeng, jadikanlah istri dan anak sebagai prioritas utama.

Bagaimana pun... suamilah yang kelak bertanggungjawab atas istri dan anak-anaknya. Maka, jika ada pilihan antara liburan keluarga dengan reuni khusus cowok-cowok kampus misalnya, maka utamakanlah liburan bersama keluarga meskipun hanya sekadar berkunjung ke rumah mertua atau jalan ke mall.

2] Mau mendengarkan keluh kesah istri

Sifat yang satu ini jarang dimiliki kaum laki-laki. Biasanya suami merasa istri terlalu cerewet, selalu mengatakan hal-hal yang tidak penting, padahal sudah fitrahnya wanita banyak bicara, kurang lebih perlu mengeluarkan 20 ribu kata per hari.

Seorang istri sekaligus ibu yang jarang didengarkan oleh suaminya, atau diajak mengobrol santai oleh suaminya maka bahasa tubuh dan nada bicaranya akan menjadi tidak enak di hadapan anak-anaknya, cenderung menjadikan anak-anak sebagai sasaran pelimpahan emosi yang tidak semestinya.

Maka, sebenarnya sudah menjadi tugas wajib suami sekaligus ayah, memberikan ruang, waktu, dan suasana setiap hari bagi istrinya untuk berbicara sebagai upaya untuk selalu menyehatkan jiwanya. Cukup dengarkan apa yang menjadi keluh kesah istri. Ibu yang sehat jiwanya akan dapat menjalankan tugasnya sebagai madrasah untuk putra-putrinya.

3] Suka Humoris

Suami yang pemarah tentu saja membuat istri dan anak takkan betah. Sementara suami yang memiliki sifat humoris, bisa memancing senyum, biasanya cenderung bisa mempertahankan cinta istri dan juga putra-putrinya.

Sebagaimana kita ketahui juga bahwa sosok Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam dan juga sosok Ali Bin Abi Thalib merupakan pemimpin rumah tangga dengan sifat humoris dan penyayang, tak mengherankan jika rumah tangga Rasulullah dan juga Ali bersama Fatimah langgeng dan penuh barokah.

4] Mau mengalah

Sebagaimana Umar bin Khattab yang mau mengalah pada kemarahan istrinya, maka demikian jualah sebaiknya para suami mau mengalahkan ego untuk memenangkan hati istri.

Sesungguhnya cara menjadi pemenang di hati wanita justru dengan mengalah, misalnya mau mengambilkan minum untuk istri, mau menyiapkan makanan dan menyuapi istri, bukan sebaliknya.

5] Mau berjuang untuk kesejahteraan keluarga

Suami yang ogah-ogahan mencari nafkah, males-malesan menanggapi kebutuhan hidup yang semakin meningkat, tentu saja akan membuat istri jengkel.

Akan tetapi sebaliknya, suami yang mau bekerja dengan giat, ditambah sambilan di sana-sini, tentu saja akan membuat haru hati istri dengan kesungguhannya.

Sahabat dakwah, Demikianlah beberapa sifat suami yang bisa membuat pernikahan lebih awet dan langgeng. Semoga Allah mengaruniakan sifat-sifat baik ini pada pasangan hidup kita.

Semoga menginspirasi dan bermanfaat


Sumber : ummi-online.com

Subscribe to receive free email updates: