Jangan Pernah Makan Gorengan Diiringi Minum Kopi Bahwa Itulah Pertanda Tidak Sehat, Ini Efeknya



Mungkin lebih tepatnya imbauan, namun akibatnya bertambah fatal jika kebiasaan mengkonsumsi gorengan diselingi dengan kopi, dilakukan pada pagi hari. Dokter punya alasan melarang karena mengkonsumi dua unsur tadi bisa mengakibatkan lonjakan tinggi pada gula darah.


Dilansir dari The Globe and Mail, penelitian dari Univeristy of Guleph menyatakan lonjakan gula darah bahkan berlaku untuk orang sehat yang tidak punya resiko diabetes. Hal itu yang membuat dokter melarang kita untuk mengkonsumsi gorengan dan kopi secara bersamaan.

Penjelasannya sederhana, makanan berminyak seperti gorengan mengandung lemak jenuh yang membuat tubuh kesulitan membersihkan gula dari darah. Sementara kopi bertugas menggandakan lemak jenuh tadi, minum kopi dapat menambah tingkat kesulitan tubuh dalam membersihkan gula.

Terry Graham, salah satu peneliti dari Univeristy of Guleph mengatakan lemak jenuh yang dikonsumsi bahkan bisa bertahan berjam-jam. “Hal ini menunjukkan bahwa efek makanan tinggi lemak dapat berlangsung hingga berjam-jam,” Terry mengatakan.

Awalnya, tim peneliti meminta beberapa peserta studi untuk makan makanan berlemak, kemudian setelah 6 jam, peserta diminta minum minuman yang mengandung gula. Biasanya, tubuh langsung memproduksi insulin untuk menghilangkan gula dari darah.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa setelah makan makanan berlemak, tubuh kurang dapat memproduksi insulin dan tingkat gula dalam darah peserta 32 persen lebih tinggi dibanding peserta penelitian yang tidak mengonsumsi makanan berlemak sebelumnya.

Bagian kedua penelitian, peserta diminta untuk minum 2 cangkir kopi setelah 5 jam makanan berlemak dan minuman gula. Hasilnya kadar gula dalam darah meningkat hingga 65 persen dibanding kelompok kontrol.

Gula yang berlama-lama dalam darah dapat merugikan kesehatan seperti meningkatkan risiko diabetes, kerusakan arteri, dan penyakit jantung. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Orang yang berisiko tinggi terhadap diabetes atau penyakit jantung, harus lebih berhati-hati mengkombinasikan makanan. Hindari makanan tinggi lemak dan batasi asupan kafein untuk menjaga kestabilan gula darah.

Bagaiamana apa kamu juga punya kebiasaan memakan gorengan dengan selingan minum kopi? Ada baiknya, mulai sekarang kita mengurangi. Jika susah menghilangkan kebiasaan meminum kopi, mungkin kamu bisa mengganti kombinasi cemilan yang lain yang tidak banyak mengandung minyak jenuh sebagai selingan.

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...