Lakukan amalan ini niscaya segala dosa akan berubah menjadi pahala

Setipa perbuatan yang kita lakukan, akan dicatat oleh malaikat. Bahkan kegiatankecilpun akan mendapat balasannya di akhirat kelak. Perbuatan yang kita lakukan hanya ada 2 kemungkinan, kalau tidak mendatangkan pahala, ya sudah pasti dosa.


Sebagai manusia, dosa sudah menjadi bagian dari dirinya, bahkan dosa besar. Baik yang disengaja, maupun tidak disengaja. Namun, Allah SWT mempunyai sifat pengampun. Allah juga berjanji untuk mengampuni setiap perbuatan yang dilakukan manusia, baik dosa kecil maupun dosa besar. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

”Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi no. 3540)

Hadist itu membuktikan jika Allah SWT benar-benar maha pengampun segala macam dosa, asalkan tidak syirik (menduakan Allah SWT) dengan satu syarat, yakni bertaubat, seperti yang dikutip dari aritunsia.

Keutamaan Orang Yang Bertaubat
Taubat adalah kembali taat kepada Allah s.w.t dan menyesal dengan bersungguh-sungguh terhadap dosa yang telah dilakukan sama ada dosa besar mahupun dosa kecil serta memohon keampunan dari Allah. Setiap individu disuruh bertaubat untuk menyucikan diri dari dosa besar dan kecil, sama ada dilakukan dengan sengaja mahupun tidak.

1. Taubat Merupakan Sebab Masuk Surga
Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya:

kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun, [QS. Maryam : 60]

Itulah janji Allah Subhanahuwata’ala kepada setiap umatnya yang mau bertaubat atas dosa-dosa yang pernah dilakukanya dan Allah Subhanahuwata’ala akan menjajnjikan surga-Nya.

2. Taubat Merupakan Sebab Keberuntungan
“Dan bertaubatlah kepada Allah wahai semua orang yang beriman, supaya kalian beruntung.” [QS. An Nuur: 31]

yang dimaksud beruntung disini adalah bahagia, Allah akan membukakan pintu-pintu rizki, pintu-pintu kebahagiaan dan ketentraman.

3. Dijamin Baginya Pahala Yang Besar
Pahala yang Allah Subhanahuwata’ala janjikan adalah pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan orang-orang yang berdosa sebagaimana Firman Allah Subhanahuwata’ala yang artinya:

“Kecuali orang-orang yang bertaubat, memperbaiki diri dan berpegang teguh dengan agama Allah serta mengikhlaskan agama mereka untuk Allah mereka itulah yang akan bersama dengan kaum beriman dan Allah akan memberikan kepada kaum yang beriman pahala yang amat besar.” [QS. An Nisaa’: 146]

Itulah keutamaan bertaubat yang begitu besar untuk umat-Nya. 

Subscribe to receive free email updates: