WOW ! Puasa di Polandia Setiap Hari 19 Jam, Tarawih ke Sahur Jeda 1 Jam

Bagi umat muslim, ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan adalah wajib. Hanya saja ada yang unik dari ibadah ini, yakni perbedaan durasi waktu menjalankan ibadah puasa di berbagai negara.
Misalnya mereka yang berada di Negara Polandia saat ini berpuasa selama 19 jam setiap hari. Lamanya waktu puasa tersebut menjadi tantangan sendiri bagi mahasiswa muslim Indonesia yang kuliah di sana.
Padahal waktu sehari semalam hanyalah 24 jam saja. Jika sudah digunakan 19 jam untuk berpuasa, maka sisa waktunya hanya tinggal lima jam. Sisa waktu itu digunakan untuk berbuka puasa, salat tarawih, tadarus, dan sahur.
Ummi Hani (23) salah satu mahasiswi Polandia asal RT 1 RW 1 Desa Jatinegara Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen mengatakan, di Negara Polandia khususnya di Kota Lodz waktu puasa dilaksanakan mulai pukul 02.00-20.45 CET (Waktu Polandia).
“Waktu puasa yang lama itu, menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa muslim Indonesia yang kini sedang menempuh kuliah di Negara Polandia,” tutur mahasiswi University of Lodz Polandia, Senin (29/5).
Selain waktu puasa yang panjang, lanjut Ummi, muslim di Negara Polandia merupakan minoritas. Sehingga meskipun telah datang Bulan Suci Ramadhan namun suasananya biasa saja.
Hal itu tidak seperti di negara Indonesia yang selalu menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan dengan suka cita. “Beruntungnya meski hanya sekitar 40 orang, namun di sini ada salat tarawih dan buka bersama,” paparnya.

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...