Ternyata Ada Yang Lebih Dahsyat dari Setan

Mendengar kata setan saja, yang ada di bayangan kita pasti sesuatu
yang mengerikan dan akan membawa hal buruk bagi umat manusia. Ternyata, ada yang lebih dahsyat dari setan ini. Ingin tahu mengenai hal tersebut dan penjelasannya secara Islam? Simak ulasannya dalam artikel bersangkutan, semoga bisa menjawab rasa penasaran.

Ternyata Ada Yang Lebih Dahsyat dari Setan


Ternyata Ada Yang Lebih Dahsyat dari Setan, Inilah Dia
Hal yang lebih dahsyat dari setan dalam menghancurkan umat manusia adalah hawa nafsu, termasuk di dalamnya godaan wanita dalam Islam. Sebuah riwayat Islam menyatakan bahwa musuh paling berat adalah nafsu dari tubuh diri sendiri. Bahkan, dinyatakan pula bahwa hawa nafsu ini lebih jahat dibandingkan 70 setan banyaknya. Sungguh mengejutkan, bukan?

Memang yang namanya manusia tak akan luput dari hawa nafsu, tetapi sangat mungkin nafsu tersebut ditahan sekuat tenaga demi menjaga kemurnian diri kita manusia di hadapan Allah. Sifat nafsu ini selalu mengajak manusia ke perbuatan atau keadaan yang sangat negatif. Riwayat lain menyatakan bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat pulang dari peperangan. Di belakang beliau, para sahabat berbisik bahwa mereka sudah berhasil pulang dari peperangan yang besar. Nabi Muhammad SAW kemudian menyangkal pernyataan tersebut dengan berkata bahwa mereka hanya pulang dari peperangan kecil untuk berjalan ke peperangan yang lebih besar
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
lagi. Mendengar hal ini, terkejutlah para sahabat dan bertanya kembali apakah peperangan besar tersebut. Dengan lembut beliau menjawab bahwa perang iru adalah perang dengan hawa nafsu dari dalam diri sendiri.

Sesungguhnya ada doa yang bisa diucapkan untuk menghindari godaan hawa nafsu dalam Islam. As-Sayyid Hasan menyatakan doa seperti ini untuk mendapat hati tenang dan bebas dari hawa nafsu. Yaitu meminta kepada Allah SWT agar nafsu kita dijadikan nafsu yang baik, yang taat, yang tenang, dan yang percaya bahwa suatu hari kita akan bertemu dengan Allah Yang Maha Kuasa. Tak lupa juga meminta nafsu untuk menerima seluruh pemberian Allah secara lapang dada, rela dengan segala keputusan Allah, dan takut hanya kepada Allah dan tidak pada yang lain, sebesar apapun kekuatan pihak lain tersebut.

Sebenarnya dalam doa ini kita menyerahkan seluruh diri kita pada Allah dan beriman penuh pada-Nya, berarti kita secara rendah hati minta pada Allah untuk dijauhkan dari hawa nafsu yang pasti bisa memberikan efek negatif pada kita umat Muslim. Doa ini sebaiknya dibaca setelah kita menunaikan sholat 1 kali. Jika kita memang masih merasa was was dengan ancaman hawa nafsu ini, doa bisa dibaca 41 kali atau seikhlasnya sewaktu-waktu. Niscaya hawa nafsu yang selalu ingin dihindari ini bisa berubah menjadi nafsu untuk selalu dekat dengan Allah dan berusaha untuk hidup sesuai dengan ajarannya. Jangan lupa untuk selalu mengingat doa menahan hawa nafsu ini agar kita tidak kelimpungan saat sedang membutuhkan.

Selain itu, yang paling penting adalah selalu hidup berpegang pada Al Quran. Jangan hanya simpan Al Quran tanpa dibaca, melainkan jadikanlah kitab suci ini pegangan hidup selalu. Niscaya, hawa nafsu pun akan sangat enggan mendekati kita. Jadi benar adanya, ternyata ada yang lebih dahsyat dari setan dalam Muslim. Sekian ulasan mengenai hawa nafsu ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, selamat berdoa.

Sumber : kumpulanmisteri.com

Subscribe to receive free email updates: