MASYA ALLAH, PARA PEREMPUAN TUNA NETRA INI DAPAT MEMAINKAN MUSIK KLASIK SEKELAS MOZART



MEDIA INFORMASI ISLAM - Siapa bilang, saat satu indera tubuh kita tak berfungsi kita tidak akan dapat melakukan apa-apa? Sebaliknya, saat satu indera dalam tubuh kita tidak berfungsi dengan baik, indera yang lain akan memperlihatkan sesuatu yang luar biasa. 

Hal ini lah yang dialami oleh para wanita tuna netra yang tergabung dalam asosiasi Al Nour Wal Amal.

Bagaimana tidak, para wanita tuna netra yang seluruhnya menggunakan hijab ini sanggup menghafal komposisi rumit dan memainkannya dengan indah dalam sebuah orkestra. Komposisi musik rumit sekelas Mozart, Brahms, Strauss, atau Tchaikovsky dapat mereka mainkan tanpa ada kesalahan yang berarti, layaknya pemain orkestra normal yang dapat melihat arahan konduktor dan membaca komposisi.

“Telingaku tahu bahwa setelah nada ini, ada instrumen ini, aku akan mulai bermain. Jadi kami juga merasakan musiknya. Aku tidak berpikir ada tantangan khusus hanya karena aku tidak bisa melihat, tapi aku bisa memberitahu Anda bahwa kita sampai pada sebuah titik di mana kita bisa bermain simfoni klasik tanpa catatan, itu sesuatu yang tak dapat dilakukan oleh musisi lainnya,” ungkap Shaima seperti dikutip dari Becouse Magazine.

Para anggota harus dapat membaca komposisi dengan huruf braille dan mulai menghapalkannya. Saat tampil, mereka mendapat aba-aba berupa ketukan yang harus secara tepat mereka respon dengan memainkan alat musiknya.

Ternyata asosiasi asal Timur Tengah telah didirikan dari tahun 1954 silam. Hingga hari ini, para wanita yang tergabung dalam orkestra tersebut mendapat perawatan, pendidikan, latihan kejuruan, kesempatan kerja, serta berpeluang mendapatkan kerja yang baik di masyarakat. Tak tanggung-tanggung, kelompok ini memiliki jadwal konser di lima benua.

Subscribe to receive free email updates: