Subhanallah Bagi Yang Belum Menikah Inilah HIkmah Memilih Menikahi Wanita Yang Masih P*RAWAN



MEDIA INFORMASI ISLAM - Islam memiliki beberapa petunjuk mengenai kriteria wanita idaman calon istri yang Islami, antara lain:

Mempunyai dasar pendidikan agama dan akhlak yang baik

Ini dikarenakan wanita yang memahami agama akan mengerti tanggungjawabnya sebagai seorang istri dan juga ibu. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pun menekankan segi agama dalam memilih seorang istri dibandingkan dengan keturunan, harta, atau bahkan dengan kecantikannya sekalipun.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman pada QS Al Baqarah ayat 221, “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak Mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun ia menarik hatimu…”

Kriteria Wanita Idaman Calon Istri Yang Islami Memiliki sifat penyayang dan banyak anak

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “kawinilah perempuan penyayang dan banyak anak..” (HR Ahmad, dishahihkan Ibnu Hibban). Al Waduud memiliki arti penyayang, disini juga dapat diartikan penuh cinta dan memiliki banyak sifat baik yang menjadikan pria ingin menikahinya.

Sedangkan Al Mar’atul Waluud berarti wanita yang melahirkan banyak anak dalam arti fisik yang sehat terbebas dari beragam penyakit yang mencegah kehamilan, mengamati ibunya dan juga saudara perempuannya yang sudah menikah, serta subur atau dapat menghasilkan keturunan.

Memilih calon istri yang masih perawan

Kriteria wanita idaman calon istri yang Islami adalah memilih calon istri yang masih perawan, khususnya bagi pemuda yang belum pernah menikah. Ini memiliki maksud untuk mencapai hikmah sempurna dan juga manfaat agung. Diantara manfaat itu antara lain menjaga keluarga dari hal-hal yang mempersulit kehidupan, menyebabkan beragam perselisihan, serta mempererat tali cinta kasih antara suami dan istri.
Mempertimbangkan hal-hal yang berhubungan dengan kekerabatan

Ini memiliki maksud untuk keselamatan fisik keturunan dari resiko berbagai penyakit menular ataupun cacat hereditas. Maka anak dapat tumbuh dan berkembang dalam keadaan sehat dan tak mewarisi cacat yang dimiliki kedua orangtuanya ataupun berbagai penyakit yang diturunkan dari nenek moyangnya. Selain itu diharapkan pula dapat memperluas tali kekeluargaan serta semakin mempererat ikatan sosial.

Nah itu tadi beberapa kriteria wanita idaman calon istri yang Islami yang dapat kami rangkum dan kami bahas, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Subscribe to receive free email updates: